
Ada Aksi pasti ada Reaksi . . .begitu hukum Mekanika Klasik di Fisika berkata. Begitu pula di Ranah Perseteruan Market R2 di Indonesia. Nggak cuma di sini, Yamaha dan Honda dimana-mana menebarkan pesona persaingan yang seolah tiada henti. Kabar terakhir, YMKI akhirnya mengakui bahwa Byson – FZ-16 versi YMKI, akan resmi di rilis awal tahun 2010. Kabar ini tidak hanya berimbas pada legitimasi berita tentang penampakan sosok motor sport yang sedang di test Ride Oleh YMKI, akan tetapi juga pasti akan menimbulkan reaksi dari sang kompetitor yakni AHM.

Sangat menarik sekali untuk mengetahui peluru apa yang akan di muntahkan AHM untuk menghadang sang Byson. Ada beberapa Nama Rumor Calon sang Penghadang : Rumor CBR 150R dan Rumor Honda Unicorn. Untuk Honda CBR 150R, Pejabat AHM Julius Asnan membantah Rencana itu, seraya mengatakan AHM masih fokus untuk produk-produk yang telah ada (lihat artikel saya
yg ini). Bagaimana Tentang Honda Unicorn? Pantaskah Motor ini dipersiapkan menjadi suksetor Honda megapro 160 untuk menghadang Byson?
Bila dibandingkan dengan Megapro
Terlepas dari umurnya, mesin 156 cc OHC

Megapro yang merupakan penerus generasi GL Pro merupakan mesin yang cukup terbukti di Indonesia.
Motor ini dapat meghasilkan Daya maksimum 13,3 PS (13 bhp) /8500 rpm dan torsi maksimum 1,3 kg.m (12,75 Nm) / 6000 rpm. Coba bandingkan dengan Honda Unicorn yang memiliki kapasitas mesin 149,1 cc dan dapat menghasilkan power max 13,3 bhp/8000 rpm dan torsi max 1,3 kgm (12,75Nm ) /5500 rpm. Dapat dilihat . . . Unicorn memang sedikit lebih baik powernya dan didapat pada rpm yang lebih rendah, lebih baik untuk jalan stop and go. eeiitt tunggu dulu coba kita hitung power to weight Rationya ya . .. PWR Megapro 0,103 bhp/kg , sedangkan PWR Unicorn 0,096 bhp/kg . . .lebih besar Megapro lama ternyata, y . . karena bobotnya yang lebih ringan (126kg-megapro baru) bila dibanding Unicorn yang 139 kg . . . masih ada kemungkinan megapro menang di adu kebut Niy.

Kalo dibandingkan Penampakannya . . . yaaa Pandangan Pertama sih . . . masih lebih enak mandangin Unicorn lah he he he. Walaupun masih sama-sama mengadopsi rem belakang tromol, Namun ada beberapa titik kelebihan Unicorn. Headlamp Kedok Unicorn jelas lebih Fresh dibandingkan lampu bulet ala senter pada megapro. Suspensi Belakang Monoshok pada Unicorn, membuat kaki-kaki belakang Unicorn terlihat lebih rapih dibanding megapro plus ditambah penampilan Buritan Unicorn yang lebih kompak dan menajam. Untuk segi penampilan Fisik, saya pribadi Pegang Unicorn . . .bagaimana dengan brader? boleh beda pendapat lho
Gimana Mileagenya? Honda megapro
mengkonsumsi 51,4 KPL pada kecepatan konstan 50 KPJ . . .sedangakan beberapa data menyebutkan Unicorn sanggup tembus 52,7 KPL saat dipakai di jalan bebas hambatan. yaaa..nggak beda jauuh lah
Bila dibandingkan dengan FZ-16 (Byson)
Nah ini dia niy . . . keduanya sih belum dirilis

resmi di Indonesia, tapi bukannya data-data performa nggak ada, saya mendapat beberapa data performa dari blog-blog luar untuk kedua Motor ini (Unicorn dan FZ-16) secara keduanya juga bersaing ketat di India. Ok Mulai dari Performa mesin. Unicorn : Daya maksimum 13,3 PS (13 bhp) /8500 rpm dan torsi maksimum 1,3 kg.m (12,75 Nm) / 6000 rpm. sedang Kan FZ 16 : Daya maksimum 14 bhp / 7500 rpm dan torsi maksimum 14n-m/ 6000rpm. PWR Unicorn 0,096 bhp/kg sedang PWR FZ 16 0,111 bhp/kg (dengan asumsi berat FZ 16
126 kg) . Di atas kertas dengan data-data klaim pabrikan masing-masin, secara teori FZ16 lebih baik. Gimana bila dikomparasi di lapangan?

Seperti yang pernah saya laporkan pada artikel
terdahulu, FZ 16 membutuhkan waktu 5 detik untuk ngedrag dari kecepatan 0 sampai 60 km/jam. Sedangkan untuk mencapai kecepatan 100 km/jam, FZ 16 membutuhkan waktu 16 detik. Bagaimana dengan
Unicorn?ternyata sama..beberapa orang India telah ngetes bahwa U nicorn juga membutuhkan waktu 5 detik untuk mencapai kecepatan yang sama. berarti mirip-mirip lah, Gak tau deh untuk kecepatan di atas itu . . belom ada data Bagaimana Feeling berkendaranya? beberapa riders India cukup mengacungkan jempol pada Unicorn. Motor ini menurut mereka Walau memiliki maksimum power yang inferior dibanding FZ16, akan tetapi tenaga yang disalurkan terasa lebih lembut, stabil, serta tidak meledak-ledak. Ergonomi ridingnya pun lebih comfort dibanding FZ 16 (katanya) lebih cocok buat perjalanan Jauh

Gimana penampilannya? Walaupun sudah mengadopsi style steriotipe motor India yaitu berlampu kedok, Penampilan Unicorn masih terlihat

sedikit kalah heboh yang pede dengan Fitur LCD Speedometer, ban tubeless, midship muffler, dan body ala FZ1. Untuk Konsumen yang mementingkan penampilan, bukan nggak mungkin lebh memilih FZ 16 . . .tapi tunggu dulu . . . Selain Lembutnya Power dan kenyamanan ergonomi riding ada satu lagi andalan Unicorn . . . IRIT !! bila FZ 16 memiliki nilai Mileage sekitar 45 KPL, maka Unicorn ini bisa diajak irit sampai 52 KPL . . . nah gitu deh saya buka semuanya he he he he . . . sekarang silahkan brader yang menilai . . . CMIIW
Tidak ada komentar:
Posting Komentar